Administrasi Aplikasi Artikel Informasi Makalah Opini Pembelajaran

Friday, October 20, 2017

PROPOSAL PTK IPA KELAS 6 SD TUGAS LK 2 MODUL PKB KK-J KEPROFESIONALAN

PROPOSAL

 MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG

MANFAAT, BAHAYA DAN CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK
MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA
DI KELAS VI SDN MEKARMUKTI 1



Diajukan Untuk Memenuhi salah satu tugas Guru Pembelajar
Modul Pelatihan SD Kelas Tinggi Kelompok Kompetensi J
   
Profesional
TIK dan Tindakan Reflektif
Untuk Pengembangan Keprofesia
Dalam dunia pendidikan guru memegang peranan yang sangat penting. Guru menjadi salah satu ujung tombak dalam keberhasilan suatu pembelajaran,.oleh karena itu guru harus memiliki berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah guru harus mampu melaksanakan tugas profesionalnya yaitu guru harus dapat memahami bagaimana peserta didik belajar dan bagaimana mengorganisasikan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan dan membentuk watak siswa. Guru harus mampu memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya semangat dan keinginan serta keberhasilan belajar peserta didik. Guru bukan saja bertugas merencanakan dan melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas, melainkan juga bertanggung jawab terhadap keberhasilan proses belajar mengajarnya. Oleh karena itu, walaupun pada hakekatnya murid yang belajar, namun gurulah yang bertanggungjawab bahwa proses belajar itu terjadi dengan baik pada setiap siswa (Nasution, 1982:92). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa mutu pendidikan banyak bergantung pada mutu guru dalam membimbing proses belajar siswa.

Berbagai upaya telah ditempuh untuk meningkatkan keberhasilan suatu pembelajaran tetapi prestasi belajar khususnya di SDN Mekarmukti 1 belum begitu memuaskan, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPA tentang manfaat, bahaya dan cara menghemat  energi listrik yang masih kurang. Berdasarkan pengamatan penulis, dalam mengajarkan tentang manfaat, bahaya dan cara menghemat  energi listrik, tidak semua siswa dapat dengan mudah menguasainya. Berbagai masalah timbul dalam proses belajar mengajar. Masalah yang timbul salah satunya anak masih lemah pengetahuannya tentang manfaat, bahaya dan cara menghemat  energi listrik.

Untuk mengatasi permasalahan pada pembelajaran IPA tersebut, guru dituntut untuk memperbaiki proses pembelajaran tentang manfaat, bahaya dan cara menghemat  energi listrik. Guru dengan kemampuannya harus mampu memperbaiki permasalahan tersebut dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran agar proses pembelajaran mendapat hasil yang memuaskan. Memperhatikan kondisi tersebut, penulis tertarik untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik  supaya pembelajaran dapat dikatakan berhasil.

Untuk itu penulis melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan judul :
    “ Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Manfaat, Bahaya, dan Cara Menghemat Energi Listrik Melalui Penggunaan Alat Peraga.“
Selengkapnya bisa dilihat pada tayangan berikut ini.

Unduh proposal IPA di bawah ini.
Bila memerlukan tentang Jawaban dan Pembahasan LK 1 Keprofesionalan PKB KK-J SD Kelas Tinggi silahkan baca di bawah ini.
Demikian yang bisa share kali ini. Semoga pencarian google tepat sasaran di sini.

No comments:

Post a Comment